Jangan Menilai Super Junior dari Cover !!! [If U an Antis, READ this note also!]

Sebagai ELF aku termasuk yang cukup sering denger komentar-komentar negatif soal Super Junior.

Tapi, aku juga gak mau ambil pusing selama itu sifatnya masih masalah selera personal masing-masing orang. Mereka berhak berkomentar. Sama seperti aku yang kurang berminat dengan musik-musik band tanah air akhir-akhir ini, aku menganggap itu masalah selera masing-masing orang yang berbeda. Hanya perlu saling menghargai supaya tetap bisa hidup tenang dan damai.

Tapi.. ketenangan itu mulai terusik kalau sudah mendengar komentar skeptis tentang selera musik dan makin terusik kalau mulai saling serang untuk hal yang sebetulnya tidak perlu diperdebatkan.

Ada beberapa komentar Skeptis yang cukup menggangu buatku apalagi kalo hal itu sudah ditulis oleh media.

Komentar miring seputar penampilan dan gaya panggung selama itu masih dalam koridor menilai secara objektif masih bisa diterima apalagi jika tujuannya adalah untuk memberi kritik demi kebaikan.

Tapi, kalau sudah dinilai dengan gaya subjektif dan skeptis, ini yang bikin aku merasa perlu memberi pembelaan. Musik adalah bahasa UNIVERSAL, gak ada batasan bahasa disana, mau pake bahasa apapun musik tetaplah musik. Bahasa hanyalah alat penyampai pesan dan maksud dari suatu lagu. Ada yang suka Dangdut, India, J-POP, K-POP, Melayu sampe ke lagu daerah or macem-macem lainnya.. so apa masalahnya? Musik tetap sama dimana-mana, yang beda hanya jenis dan cara penyampaiannya. Jadi gak ada yang salah dengan lagu dangdut, india, korea, jepang and so on. ITU HANYA MASALAH SELERA.

Perbedaan yang membuat dunia ini jadi berwarna.

Nah.. sekarang aku hanya mau menyampaikan sudut pandangku terhadap penilaian orang tentang Super Junior. Komentar yang paling sering terdengar :

1. Apaan tu Super Junior, cuma cowok-cowok bertampang cantik yang ngandalin tampang?

Super Junior itu adalah boyband yang berkonsep Idol band di dunia hiburan. Jadi, wajar aja kalo mereka sebagai seorang Idol harus menjaga penampilan dan selalu berusaha “good looking”, kalo mereka cuma ngandalin tampang, kayaknya mereka juga lebih milih jadi model aja kali.

2. Ah, Super Junior itu kan penyanyi, tapi yang suaranya bagus paling cuma berapa orang, gak mutu?

Halooooooo.. wake up girl/boy, mereka itu BOYBAND bukan PADUAN SUARA, kalo semua personel boyband suaranya sempurna mereka gak akan mau ngumpul jadi satu, mending jadi penyanyi solo aja kali kalo gak sekalian buat paduan suara. Boyband itu entertainer, bukan penyanyi radio. Kalo penyanyi radio, gak usah mandipun suaranya tetep enak didenger, tapi blom tentu enak dilihat. Sementara konsep Boyband kan Idol Band, so selain nunjukin kualitas suaranya, juga harus nunjukin performa yang sempurna. No Body’s Perfect itulah kenapa boyband konsepnya saling melengkapi biar tercipta harmoni yang enak didengar dan diliat bukan beradu suara siapa yang paling bagus. di Super Junior sendiri, gak semuanya punya suara bak raja opera, gak juga semuanya jago ngedance, gak semuanya bisa ngerap, karena itu ada pembagiannya. Ada lead vokalis yang notabene suaranya bisa dibilang hampir sempurna dan bisa bikin semua orang klepek-klepek. Ada lead dancer yang tugasnya nunjukin performa terbaiknya supaya lagu itu bisa hidup sesuai dengan genre-nya. Ada rapper yang tugasnya memberi warna dalam sebuah lagu. Tugas dan tanggung jawab itu gak sembarangan dibebankan ke setiap personilnya. Pastilah yang terpilih adalah orang paling berkompeten untuk bagian itu sesuai dengan kelebihannya masing-masing. Itu semua dipadukan dan menjadi suatu persembahan yang bisa menghibur orang. Mereka harus dilihat dan dinikmati SEBAGAI SATU KESATUAN bukan perorangan karena mereka adalah SUPER JUNIOR. Toh, lead vokalis tetap dituntut bisa ngedance, lead dancer tetap dituntut bisa nyanyi, supaya performa mereka gak timpang di atas panggung. Bayangin aja kalo semua personel boyband, katakanlah Super Junior yang beranggotakan 13 orang plus 2 anggota tambahan itu semuanya punya kemampuan yang sama. Gak mungkin bisa bertahan, karena semuanya gak akan mau saling melengkapi karena sudah merasa bisa semua. Dalam satu kelas aja, kalo gak ada yang dapet ranking 2, gak mungkin ada yang dapet ranking 1 kan? Coba kalo semuanya rangking 1??? Apa jadinya?? Itulah yang namanya BOYBAND, aku tegasin lagi ya, mereka BOYBAND bukan PADUAN SUARA. Kalau gak suka dengan konsep mix kayak gitu, jangan denger boyband nyanyi denger aja paduan suara. Itukan masalah selera. Keduanya sama, hanya konsepnya yang beda.

3. Alaaah.. mereka kepilih jadi boyband juga karena beruntung punya tampang cakep?

Nah.. inilah salahnya, sudah menghakimi tanpa tau asal usulnya. Aku gak tahu gimana boyband lain bisa terbentuk, tapi untuk Super Junior jangan coba-coba ngomong gitu. Mereka bukan boyband asal jadi yang asal maen comot cowok cakep. Mereka adalah sekumpulan anak-anak berbakat yang sudah melewati proses yang panjang untuk sampai pada titik ini. Proses pembentukan boyband atau idolband di Korea sana makan waktu yang panjang. Sebelum diorbitkan menjadi artis, mereka sudah ditempa bertahun-tahun sebagai seorang trainee. Sebagian besar Manajemen artis dari boyband atau girlband Korea mendidik dulu setiap calon artisnya sebelum terjun langsung ke dunia industri musik yang jelas kejam dan kadang gak berperasaan. Mereka gak hanya dipersiapkan untuk bisa menampilkan kualitas nyanyi, dance, rapper dan sebagainya, tapi mereka juga dididik mental dan fisiknya untuk siap tempur di dunia entertainer. Dunia hiburan adalah dunia persaingan pasar, siapa yang mampu ikut pasar akan terus maju, siapa yang gak sanggup maka akan langsung hilang ditelan bumi. Itulah juga kenapa Boyband Korea dan Jepang lebih long lasting ketimbang boyband Indonesia yang cuma muncul kalo lagi musimnya aja tapi ilaaang kalo udah gak trend. Super Junior sendiri sudah melenggang selama 5 tahun di industri musik Korea, merangkak dan mati-matian berjuang untuk mendapat pengakuan. Proses trainee personelnya saja sudah makan waktu 5-6 tahun saat mereka masih umur belasan tahun. Rekruitment mereka sudah dimulai dari awal tahun 2000 dan mereka baru debut pada tahun 2005, selama lebih kurang 5 tahun mereka belajar bagaimana menjadi entertainer yang baik dan selalu siap menghadapi publik. Jadi, sebelum tau asal asulnya jangan suka asal yaaa.

4. Super Junior itu sekelompok cowok gay!

Haloooooooooooooo.. where do you know it??? Tau dari mana?? Hanya karena ngeliat mereka sering skinship-kah? Mereka sudah saling mengenal sejak mereka masih sangat muda, sejak umur belasan tahun, sebagian dari mereka bahkan datang dari daerah yang jauh dari pusat kota Seoul. Mereka masuk asrama yang sama, makan sama-sama, susah senang karena gak punya duit sama-sama, berbagi tempat tidur, berbagi apa yang ada, saling minjemin duit, saling pinjem baju, itu udah berlangsung sejak mereka masih remaja dan jelas jauh dari orang tua. Mereka hidup dalam asrama, tapi itu bukan asrama militer yang tegang dan kaku. Sejak muda mereka sudah dididik untuk bertanggung jawab, yang lebih tua menjaga dan melindungi yang lebih muda, yang muda menghormati dan menyayangi yang tua. Mereka sudah banyak melewati penderitaan sebagai trainee yang belum berpenghasilan. Mereka ditempa habis-habisan, latihan siang malem supaya bisa jadi orang yang multi talent. So what? Salahkah bila seorang kakak dan adik yang meski bukan saudara kandung menunjukkan cinta kasih diantara mereka? Kedekatan mereka adalah wujud persaudaraan yang sudah terjalin bertahun-tahun. Bukan pekerjaan mudah menyatukan 13 kepala dalam satu SUPER JUNIOR. Lebih mudah mengatur dan menjaga hubungan dengan 4 atau 5 orang ketimbang 13 orang. Diantara ketiga belas itu juga gak semuanya bisa menyatu dalam banyak hal. Kalau diantara ELF sering muncul istilah Couple KyuMin, EunHae, KangTeuk, HanChul bukan berarti mereka couple dalam artian negatif. Istilah itu kita pakai sebagai bentuk dukungan kita sama persahabatan mereka, diantara ke-13 orang gak mungkin semuanya bisa nyambung dalam banyak hal. Makanya istilah couple itu muncul untuk menunjukkan kedekatan diantara mereka sebagai sahabat terdekat.

5. Super Junior itu cengeng, nangis mulu!

kalau kalian melihat lagi perjalanan hidup dan perjuangan mereka sampai pada titik ini, pasti bisa mengerti kenapa Super Junior sering banjir airmata saat mereka nerima pernghargaan atau saat mereka menceritakan masa lalunya. Mereka datang dari keluarga yang berbeda latar belakangnya. Ada Siwon yang anak konglomerat yang jelas punya tampang sempurna, badan kekar, pinter akting juga, kalau dia mau, dia tinggal sekolah baik-baik, gak lama bisa jadi penerus Hyundai Mall Korea punya bapaknya, gak perlu dia capek ikut latihan siang malem, manggung kesana kemari, gak juga dia mau gabung sama 12 orang lainnya di Super Junior dimana disana kemampuan vokalnya gak jauh lebih baik dari seorang Yesung yang cuma anak penjual makanan di desa nun jauh dibalik gunung di Korea sana? Gak lebih lihai nge-dance dari seorang Donghae yang cuma anak biasa yang ngebawa harapan dan mimpi dari ayahnya yang ingin dia jadi seorang penyanyi. Ada Kyuhyun yang pernah jadi juara olimpiade matematika dengan latar belakang orang tua dari dunia pendidikan. Tinggal belajar baek-baek mungkin dia bisa jadi profesor. Ada Sungmin anak pengusaha Send Bill di Korea, yang tinggal ongkang kaki duit ngalir ke kantongnya. Kok dia mau 6 tahun jadi trainee, tinggal diasrama sama yang laen, selalu berusaha memberikan yang terbaik buat Super Junior, menjajal semua keahlian baru demi bisa menghibur orang lain. Kenapa?? Mereka adalah orang yang bukan haus popularitas, tapi mereka adalah orang yang mau membuktikan diri dan kemampuan mereka dengan hasil jerih payah dan kemampuan mereka sendiri. Kalo mereka nangis, wajarlah.. mereka itu manusia biasa yang bisa nangis karena mereka punya perasaan. Kalo mereka cengeng dalam arti yang sebenarnya, mereka gak mau jungkir balik kayak sekarang. Tangisan itu adalah hasil dari sebuah perjuangan panjang dan kerja keras.

So.. masihkah mau menghakimi sesuatu tanpa tahu apa-apa? Jangan menjadi katak dalam tempurung. Jangan buang-buang waktu menjadi ANTIS dan mengeluarkan sumpah serapah yang justru menunjukkan siapa diri kita yang sebenarnya? Apa yang kita ucapkan adalah cermin seperti apa kita. Kalau tidak suka lebih baik tinggalkan dan hidup bahagialah dengan apa yang kamu suka. Jika suka nikmati, jika tidak jauhi.. Hidup adalah sebuah pilihan, di dunia ini manusia hanya diciptakan 2 jenis. Orang yang baik dan orang yang buruk. Ingin menjadi baik atau buruk silahkan pilih jalan itu sendiri. Dunia ini sangat indah untuk orang yang bisa menikmatinya! Mengumpat, memaki dan menghina hanya ibarat mengeluarkan sendiri isi perut yang kita makan.

SORRY SORRY, but please DON’T DON you try to disturb us, for ELF Super Junior is a MIRACLE and No one can break OUR LOVE. Super Junior and ELF is ONE LOVE coz we will never stop till the pearl SAPPHIRE BLUE fill the world. Please find your own HAPPINESS and we will leave peacefull and HAPPY TOGETHER.

this note from : Yus Ria Tillah

cre : Chun Seri-elfshawolcassiesafer

if u want to copy-paste this note, take out with full credit.

 

take from : sujufemm @ wordpress

reshared : supershiningbeauty @ wordpress

About SUSHIBE

im kpopers , I'm MVP and sparKyu ^^ **

25 thoughts on “Jangan Menilai Super Junior dari Cover !!! [If U an Antis, READ this note also!]

  1. wow, tulisan yang hebat chingu, bikin terharu-biru bacanya…
    karena semua inilah aku suka sama Super Junior, kerja keras mereka, hubungan mereka sesama member, cuma orang-orang yang ga punya perasaan yang ga mengerti akan semua ini. mereka yang cuma bisa mengkritik mana paham arti kerja keras dan friendship.
    hiks, terharu banget….
    Super Junior Fighting!!!

  2. I love super junior but i m not join with fandom, elf. Because I don’t know all about Super Junior and not easy to join in elf for some reason. I just call my self fans of Super Junior. And I was crying when I read it.. Be patient guys… Sorry, I dont know why I typed this.. #confusing

  3. AUTHOR !!!! U ARE SO DAEBAK !!!
    aku juga capek kalo ada yang ngehina SJ mulu…semoga dengan post inni, antis jadi sadar ya…

  4. seriusan..
    ini tulisan tugh bagus banget buat para antis diluar sana yg gag tau apa” soal SUPER JUNIOR..
    tulisan ini keren banget..
    semoga para antis dluar sana sadar setelah baca tulisan ini..

  5. Yupzzz SeSuju sm author Kdg antis it slalu brlebihan mna yg dbhs psti itu2 aja kL gmslh Gay/Homo psti mslh oplas ckckckck kdg Qbngung emang gda bhsan lain y selain it ckckckck gkreatip bgt sie huh pokokny Qsebel bgt sma Antis!!

  6. hebaaaat…kita punya satu pikiran chingu…salam kenal ya, aku pernah ngepost kayak gini juga di blogku…aku yakin ELF punya pikiran sama…
    aku pengen nangis bacanya, apalagi no.4…

    SUPER JUNIOR ITU PAKET KOMPLIT🙂

  7. like banget sama tulisannya X’)
    Sebel banget aku sama antis n ngejelek-jelekin suju pake kata-kata kasar!
    Mereka harus baca!!
    Disekolah ku ga banyak yang ELF tapi mereka ga ngejelek-jelekin suju🙂
    Tapi temen smp banyak banget –” apalagi yang cowo ckckc..
    Izin copas yaa🙂 full credit kok🙂

  8. Semoga dgn ini bisa menghapus image uri namja didepan antis yaaa
    tp jg ini teguran buat ELF kita jg gak boleh ngebash mulu sadarkah kalo elf itu tukang cari keributan? Gimana oppadeul gak dihina kalo kita jg gt.
    keaktifan ELF diseluruh dunia 60% dipegang ELF indonesia dan kita patut BANGGA tp jg MALU SEMALU-MALUNYA karna taukah kalian? ELF INDONESIA dipandang buruk sama ELF negara lain karna apa?
    1. Kita sering ngebash!
    2. Bikin masalah sepele dibesar-besarin!
    3. Bikin HOAX dimana2 dan gak penting!

    Gara2 kelakuan para ELF LABIL INI kita dijuluki bukan EVER LASTING FRIENDS tapi “EVER LASTING FANWAR!” Apa mau dijuluki seperti itu? ENGGAK!!!
    Sebelumnya gw minta maaf udah ngomong ini gw cuma gak mau gara2 hal2 ini justru SJ gak mau dateng kesini lg karna MUAK!

    Gw punya pesen buat newbie ELF:
    1. Tlg bgt ya ilangin dong labilnya jgn suka bash fandom lain walaupun mereka duluan kalian cukup DIAM bisa kan?
    2. Jgn jg percaya setiap berita yg muncul tanpa sumber oke?
    3. BELI CD ORIGINAL DARI KOREA karna kebanyakan newbie gak beli original yg justru bikin suju jd terpuruk!

    Taukah kalian fans semakin banyak bukan malah bikin si artis naik malah sebaliknya kalo kalian beli BAJAKAN! Kalo cuma sekedar gak tau cara pesennya hellooow ONLINESHOP tersebar dimana2 jd gak ada alasan lebih baik gak usah mengaku sebagai EVER LASTING FRIENDS kalo gak mau ngedukung SUPER JUNIOR!
    Maaf bukan gw mau ngejudge para newbie tp rata2 bahkan hampir semua hoax dan fanwar dibuat oleh para newbie yg sok tau bahkan seperti seseorang yg telah menjadi ELF dari awal SJ debut*maaf kalo kata2nya kasar*

    gw cuma mau sampein itu aja maaf kalo gw jd nyampah disini~ gw mau yg terbaik buat ELF^^

    ELF❤ SUPER JUNIOR always together and forever^^

    • retweet
      ayo elf , kita semua , tanpa terkecuali , berubah menjadi fans yang lebih baik lagi , kita sayang SUJU, dan pasti PASTI lebih membanggakan lagi , kalo bahkan yg bukan ELF juga suka dan menghargai SUJU karena kita (elf) memberikan citra yg baik .

      buat para elf newbie , semua butuh proses buat jadi lebih baik , tp coba mulai dari sekarang bersikap lebih dewasa , ELF ada buat DUKUNG SUJU , bukan malah memberikan sisi negatif dan nanggapin komen” miring ttg suju yg udah gak jaman . DO ACT, beli album resmi dari toko korea, searching di websites, nonton MV di YT, banyak yg lebih menarik daripada mancing fanwar🙂

      maaf kalo ada salah-salah kata

      ELF hwaiting ! i love you so much
      SUJU hwaiting ! ELFs love you so much

  9. SESUJU,admin!!!! ^^

    yg mereka (ANTIS) blg soal suju justru bikin mereka keliatan bodoh dan keliatan banget irinya, apa yg gk mereka punya ada di SUJU..dan mereka malu bwt ngakuin itu..
    setuju jg tuh ma indriayuuu, elf labil malah gk nunjukin kecintaan mereka ma suju.

  10. wow . thanks chingu udah bikin post sepanjang ini , bukti cinta elf dan SUJU, ENDLESS LOVE🙂
    semua omongan antis malah kynya udah kebal banget buatku, kaga ngaruh , soalnya udah basi banget sih . itu itu mulu , sedang kalo ngomongin prestasi , si antis langsung diem trus balik lagi ngebash dg motif di atas . hhahaaa kasihan sih sebenernya , ya biarin dah mereka hidup di jalan mereka sendiri x)
    yang penting ELF itu ada karena SUJU , rasa sayang yg dikasih SUJU pada elf dibalas dg rasa cinta berjuta” kali lipar oleh ELF . kita ada buat support SUJU , SUJU ada karena elf , elf ada karena SUJU . antis muncul tiba” ky jelangkung , jadi biarin aje , okay dear🙂
    OUR LOVE IS SWEET🙂

  11. SETUJU EMANG ANTIS ITU HARUS BUBARRRRRRRR
    SUPER JUNIOR DAN ELF ADALAH 1 SAMPAI AKHIR
    dan buat antis yg suka jelek2-kin oppadeul suju, kalian itu harus tahu SUPER JUNIOR tuh MENDUNIAAA….
    proud to be ELF and ALWAYS EVERLASTING FRIEND^^~~
    FIGHTING OPPADEUL SUJU^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s